Danau Betung

Bandar Petalangan

Danau Betung

Desa Betung berjarak sekitar 58 km dari kota Pangkalan Kerinci dan termasuk dalam wilayah Kecamatan Pangkalan Kuras. Desa Betung merupakan desa yang penduduk aslinya terdiri dari masyarakat adat Melayu Petalangan. Disini dapat ditemukan aneka ragam seni budaya asli yang masih terpelihara dengan baik oleh masyarakat setempat dan memiliki beberapa upacara adat masyarakat Petalangan, seperti upacara pengobatan tradisonal yang dikenal dengan Belian, Badewo, Nyanyian Panjang, Atraksi Silat Payung, menumbai madu (proses menaiki pohon sialang untuk mengambil madu).

 

Salah satu objek wisata yang menonjol di Desa Betung adalah Danau Betung yang ditengah danau tersebut terdapat bangunan museum Tuk Monti, bangunan Balai Junjung Laut yang merupakan tempat bermusyawarah masyarakat adat Petalangan untuk pemutusan perkara yang terjadi dalam masyarakat. Bangunan Puteri Lindung Bulan, beberapa rumah singgah dan gazebo serta mushola dan toilet.

 

Disamping wisata budaya, Danau Betung juga menawarkan wisata air yang sangat menarik untuk bersantai bersama teman dan keluarga di akhir pekan. Di danau betung ini terdapat banana boat yang bisa di sewa untuk mengelingi danau. Sepeda bebek air juga ada sebagai pilihan menarik lain nya untuk berwisata di Danau Betung. Pengunjung bisa menikmati suasana alam Danau Betung dengan santai dan menyenangkan. Pengunjung wisata Danau Betung juga bisa menyusuri Sungai Napuh untuk menikmati flora dan fauna di sepanjang sungai. 

 

Danau Betung juga memiliki kegiatan tahunan Pacu Sampan Cup yang sangat menarik untuk disaksikan oleh Pengunjung. Pacu Sampan Cup ini mendapat respon positif dari masyarakat setempat dan pengunjung. Hal ini ditandai dengan banyaknya pengunjung yang datang untuk menyaksikan Pacu Sampan tersebut. Kegiatan ini akan dilaksanankan kembali pada bulan Januari 2020. 

TOP