Danau Tajwid

Langgam

Danau Tajwid

Danau Tajwid terletak di Kecamatan Langgam dan lokasinya tidak jauh dari kota Pangkalan Kerinci. Danau Tajwid dapat ditempuh dengan perjalanan darat kurang lebih 30 menit dari kota Pangkalan Kerinci. Suasana hutan di danau Tajwid sangat asri dan bagi masyarakat yang ingin berkunjung ke danau Tajwid, tidak hanya bisa menikmati pemandangan danau tapi juga terdapat beberapa wahana permainan yang dapat di nikmati pengunjung. Selain ini pengunjung juga dapat melihat aktifitas masyarakat nelayan di rumah rakitnya.

 

Di danau Tajwid terdapat wahana permainan seperti outbond, bebek dayung, dan speed boat yang bisa membawa pengunjung mengitari danau. Wahana-wahana ini sangat menarik minat remaja untuk berkunjung dan mencobanya. Setelah adanya wahana permainan ini, pengunjung danau Tajwid sudah meningkat dari sebelumnya. Untuk menikmati outbond, pengunjung cukup membayar Rp. 50.000 dan pengunjung sudah bisa menikmati seluruh fasilitas outbond dan menikmati seluruh wahana outbond tersebut.

 

Danau Tajwid juga memiliki event wisata religi yang diadakan setiap tahunnya yaitu acara Balimau Potang Mogang yang tujuannya untuk mensucikan diri dalam menyambut bulan suci Ramadhan. Didalam rangkaian acara tersebut juga diadakan ziarah kubur, tabligh akbar, pentas seni dan lomba pompong hias yang juga diikuti ritual adat Togak Tonggol (bendera persukuan). Semua dilakukan  sesuai dengan acara adat istiadat di Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan. Kecamatan Langam mempunyai dua adat yaitu adat Petalangan dan adat Pesisir. Kedua adat saling bersilaturrahmi dengan cara makan bejambau (makan bersama). Tradisi ini dimulai secara turun-temurun setiap tahunnya di Danau Tajwid.

TOP