Gelombang Bono

Teluk Meranti

Gelombang Bono

Bono merupakan objek wisata unggulan Kabupaten Pelalawan yang terletak di Sungai Kampar Kecamatan Teluk Meranti. Lokasi Bono dapat ditempuh dengan jalur darat dan air dari Pangkalan kerinci. Dengan jalur darat, waktu tempuhnya adalah 3.5 jam dan dengan jalur air 2 jam. Lokasi ini juga bisa ditempuh dengan jalur air dari Singapura yakni sekitar 200 Km dari Singapura.

 

Bono adalah alunan gelombang besar yang terjadi bersamaan dengan pasang naik dan pasang surut dengan ketinggian puncak gelombangnya mencapai 4 meter. Rentangan gelombang tersebut hampir selebar sungai Kampar. Gelombang ini terjadi akibat benturan tiga arus air, yang berasal dari Selat Malaka, Laut Cina Selatan dan aliran air Sungai Kampar yang berbenturan di muara Sungai Kampar dan mendesak masuk ke hulu sehingga menimbulkan gelombang besar yang menggulung dan menghempas jauh ke dalam sungai hingga menempuh jarak 50 km. Bono ini adalah fenomena alam yang sangat unik dan merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia.

 

Bagi masyarakat yang sudah biasa dengan kedatangan Bono dan bernyali besar, Bono ini akan disambut dengan memacukan kapal motornya meluncur ke lidah ombak dipunggung Bono bagaikan pemain selancar. Atraksi ini sangat menarik untuk disaksikan oleh pengunjung dan bagi atraksi ini oleh masyarakat setempat disebut Bekudo Bono, karena mirip dengan atraksi seorang Joki yang sedang berusaha menjinakkan kuda liar. Bono dapat dilihat setiap bulan pada saat terjadi nya pasang besar, namun Bono yang paling besar terjadi pada akhir tahun. Kedahsyatan gelombang Bono ini menjadi daya tarik para peselancar domestik maupun mancanegara.

 

Di Lokasi Bono, terdapat hotel dan penginapan untuk para wisatawan, sehingga wisatawan yang berkunjung ke lokasi Bono, tidak perlu khawatir dengan tempat beristirahat ketika malam tiba. Restoran lokal juga dapat ditemui di tempat ini.

TOP