Pesona Sungai Kuala Napuh

Pangkalan Kuras

Pesona Sungai Kuala Napuh

Kuala Napuh merupakan cikal bakal kecamatan pangkalan kuras masa awal kemerdekaan dahulu, disanalah lokasi kewedanan yang merupakan pusat pemerintah bagi  daerah sekitarnya sebelum berpindah ke kota sorek satu7. Kuala napuh mayoritasnya penduduk tinggal dirumah sakit, selain itu terdapat juga rumah panggung yang cukup tinggi hal ini untuk mengantisipasi naiknya permukaan air yang diakibatkan curah hujan yang sangat tinggi (banjir)

 

Perkampungan kuala napuh ini dilalui oleh sungai Nilo, didalam perjalanan menelusuri sungai nilo kita banyak menjumpai rumah rakit yang saat ini masih ditempati beberapa kepala keluarga dan juga nelayan mencari ikan di sepanjang sungai.

 

Suasana di sekitar rumah sakit ini sungguh mempesona dikarenakan hutannya masih asli, flora dan fauna masih banyak kita jumpai di sepanjang sungai nilo. Sungai Nilo sangat banyak diminati para pemancing dari kabupaten Pelalawan dan kota lainnya yang ada di provinsi Riau terutama untuk memancing ikan toman, tapah, baung, selais, dan lain-lain. Saat kita memancing ikan, kita bisa singgah di rumah rakit sambil melihat proses pembuatan ikan salai (ikan asap) dan juga dapat menikmati masakan khas masyarakat rumah rakit yaitu, pindang toman.

TOP