AIR MATA BEJANDO

Pariwisata

AIR MATA BEJANDO

Minuman tradisional adalah sesuatu minuman yang diwarisi  secara turun temurun, yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat tertentu menggunakan bahan–bahan alami seperti dedaunan, rempah–rempah, buah– buahan ataupun hasil dari pepohonan dan telah menjadi ciri khas dari suatu daerah yang memiliki cita rasa yang relatif sesuai dengan selera masyarakat setempat.

Kuala Kampar, salah satu Kecamatan di Kabupaten Pelalawan, merupakan daerah pesisir yang terdapat di pinggir laut dimana banyak terdapat pohon kelapa. Masyarakat sekitar dari turun-temurun memanfaatkan buah kelapa muda dengan dengan mengambil airnya sebagai minuman tradisonal. Minuman tradisional ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti  mengontrol tekanan darah, menghilangkan dehidrasi, meningkatkan fungsi otak, melancarkan pencernaan. Mencegah gangguan jantung dan ginjal serta banyak manfaat lainnya. 

Nama minuman tradisonal ini biasanya masyarakat kabupaten Pelalawan menyebut dengan sebutan “Air Mata Bejando’’ yang di legendakan dahulunya air mata sesorang yang ditinggalkan suaminya pergi berlayar dan lama tak kembali, Dia duduk termenung menyendiri di tepian pantai menunggu sang suami yang tak kunjung pulang.

Pada tahun 2020 Kabupaten Pelalawan mengajukan Air Mato Bejando sebagai nominee API untuk kategori minuman tradisional terpopuler. Penentuan pemenang peserta diliat dari jumlah like di instagram resmi Anugerah Pesona Indonesia, voting melalui Short Text Message (sms) dan melalui like dan subscribe di youtube resmi Anugerah Pesona Indonesia. Air Mato Bejando mendapat posisi ketiga sebagai minuman tradisonal terpopuler di Indonesia.

TOP