Bupati Pelalawan Zukri Resmi Sandang Gelar Datuk Setia Amanah

Bupati Pelalawan H Zukri Misran resmi menyandang gelar adat Datuk Setia Amanah. Sedangkan sang wakil, H Nasarudin SH, MH bergelar Timbalan Datuk Setia Amanah.

Penabalan gelar adat kepada pemimpin Kabupaten Pelalawan itu berlangsung di Istana Sayap Kerajaan Pelalawan, Kecamatan Pelalawan, Kamis (8/12/2021).

Proses pelantikan digelar melalui Majelis Penabalan gelar adat beraja-raja dipimpin Sultan Pelalawan X, Assayyidis Syarif Kamaroeddin Haroen.

Sultan Pelalawan melalui upacara adat yang sakral memberikan Penabalan Adat Datuk Seri Setia Amanah dan Timbalan Setia Amanah kepada Bupati Pelalawan H Zukri dan Wakil Bupati Pelalawan H Nasarudin SH MH sebagai payung panji adat Kabupaten Pelalawan.

Sekaligus dalam rangkaian proses penabalan lembaga perangkat kesultanan Pelalawan dan penganugerahan gelar kekerabatan Penabalan Tinggi Kekerabatan Ketua DPD RI AA La Nyalla Mattalitti, Datuk Seri Wira Utama Diraja Kerajaan Pelalawan yang turut serta hadir pada kesempatan itu.

Penabalan Akbar Adat Beraja - Raja secara adat dengan ditandai togak tonggol oleh batin dan kesultanan. Togak Tonggol atau tegaknya Tonggol adalah adat kebudayaan masyarakat Pelalawan berupa menaikkan Bendera Kebesaran setiap suku Ketiapan yang ditegakkan pada tonggak (tiang) tanpa aral melintang baik sebelum acara maupun pada saat prosesi penegakan Tonggol. Hal ini pertanda akan dilaksanakan Penabalan Akbar Adat Beraja - Raja di Istana Sayap Pelalawan.

Ketua Umum DPH LAMR Kabupaten Pelalawan Datuk Seri T Zulmizan F Assagaff SE menyatakan tahniah dan bersyukur upacara adat Penabalan Bupati dan Wakil Bupati Pelalawan sebagai Datuk Setia Amanah Adat dan Timbalannya telah dilaksanakan. Begitu juga Penabalan lembaga perangkat kesultanan Pelalawan dan penganugerahan gelar kekerabatan Penabalan Tinggi Kekerabatan Ketua DPD RI AA La Nyalla Mattalitti, Datuk Seri Wira Utama Diraja Kerajaan Pelalawan.

Sementara itu, bupati Pelalawan Datuk Setia Amanah, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih kepada ketua DPD RI yang sudah berkenan hadir di Pelalawan.

Sebagai pemimpin yang baru saja dilantik di negeri ini, dirinya sudah bertekad membulatkan hati, mengazamkan diri sekuat tenaga dan pikiran untuk berbakti kepada negeri, membawanya agar maju dan sejajar dengan negeri-negeri yang lain.

Hal ini tercermin pada visi dan misi bupati dan wakil bupati periode 2021-2026, yakni mewujudkan Kabupaten Pelalawan sebagai pusat industri dan pariwisata yang makmur ekonominya, adil dalam berkehidupan dan pembangunan, jaya kinerja daerah dan unggul sumber daya manusianya di tahun 2026 dengan lima misi yang sudah ditetapkan.

Katanya, pada misi yang kelima, yakni maju wisata dan budaya, memiliki konsep, yakni mengembangkan wisata daerah berbasis partisipasi masyarakat dan memajukan budaya melayu sebagai perekat negeri.

"Hal ini membuktikan perhatian kami yang tinggi terhadap kemajuan budaya daerah, lantaran kami menyadari bahwasanya budaya yang maju mencerminkan masyarakat yang beradat dan berbudi bahasa. Sebagai mana ungkapan Melayu, jika hendak mengenal orang berbangsa lihatlah kepada budi dan bahasa.

Pada RPJMD 2026, diterangkannya telah ditetapkan major proyek pembangunan budaya dan akan dimulai pada tahun anggaran 2022, yang akan datang berupa pemberian insentif dan pakaian adat, tokoh adat yang tergabung didalam Lembaga Adat Melayu serta pengembangan Istana Sayap.

Penabalan Akbar Adat Beraja -Raja di Istana Sayap Pelalawan dihadiri Gubernur Riau H Syamsuar, Wakapolda Riau Brigjend Tabana Bangun, Kasrem 031/WB. Kol Inf Junaedi Sos. MSi, Ketua DPD RI AA La Nyalla Mattalitti, Anggota DPD RI Dapil Riau Dr. Hj Instiwati Ayus SH, Anggota DPD RI Dapil Riau Edwin Perdana Putra SH, Dr Misharti SAg MSI, H Muhammad Gazali LC, Anggota DPD RI Dapil Kepulauan Riau H Dharma Setiawan, Anggota DPD RI dapil Sulawesi Selatan Andi Muh Ihsan,

Hadir juga dari LAM Riau Datuk Syahril Abu Bakar, HR Marjohan Yusuf, LAM Riau - Kabupaten Pelalawan, Perangkat Kesultanan Pelalawan. Majelis Adat Kerajaan Nusantara (MAKN) Pangeran Mangkubumi Haryo Edy.

Bupati Pelalawan H Zukri Misran Wakil Bupati Pelalawan H Nasaruddin SH MH, Dandim 0313 KPR Letkol Inf Leo Oktavianus Sinaga SSos M.Ipol, Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko SIK, Ketua PN Pelalawan. Armansyah Siregar SH MH, Kejari Silpia Rosalina SH MH, Ketua DPRD Pelalawan Baharudin SH, OPD Pemerintah Kabupaten Pelalawan, Muspika Kecamatan Pelalawan, Batin dibawah ke Sultanan Pelalawan dan lainnya

Related Articles